Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu Dengan Cara Dibakar – Ingin beli madu namun takut tertipu karena tak tahu cara mengetes keasliannya? Mari simak berbagai cara menguji keaslian madu menggunakan cara-cara berikut ini.

Tak semua madu yang dijual merupakan madu murni atau madu asli. Terkadang, ada pedagang nakal yang juga menjual madu palsu atawa oplosan demi keutungan pribadi.

Nah, kali ini MomsMoney akan membantu Anda mengetahui berbagai cara menguji keaslian madu menggunakan berbagai bahan yang simple dan mudah ditiru. Ini dia selengkapnya.

Baca Juga: Cara Membedakan Clover Honey Asli dan Palsu

1. Uji larutan

Cara pertama menguji keaslian madu ialah melalui uji larutan menggunakan segelas air secara perlahan.

Apabila madu sampai ke dasar gelas tanpa terlarut dngan air, maka madu dapat dikatakan sebagai madu murni atau asli.

Namun cara ini bisa juga menghasilkan tes yang kurang akurat karena ada juga madu palsu yang menggunakan bahan super kental sehingga tak larut dalam air.

Tapi perlu Anda ketahui, ada pula madu mentah yang murni atau asli. Ia memiliki konsistensi encer sehingga mudah larut dalam air.

2. Tes jempol

Untuk menguji keaslian madu, Anda bisa menggunakan ibu jari. Coba teteskan madu ke ibu jari Anda. apabila meleleh atau tumpah, maka madu tersebut tidak asli atau oplosan.

Madu asli seharusnya kental dan tidak menetes.

3. Uji menggunakan api

Keaslian madu bisa dicek menggunakan uji nyala api. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Melansir Redcliffe Labs, Anda hanya perlu mencelupkan sebatang korek api ke dalam madu, lalu nyalakan korek api dan lihatlah hasilnya.

Jika madu tersebut merupakan madu palsu, maka korek api akan susah menyala. Namun jika madu tersebut madu asli atau murni, maka korek akan mudah terbakar.

4. Lihat tekstur

Madu mentah

Jika Anda menemukan madu yang Anda beli berubah menjadi encer ketika dihangatkan, maka besar kemungkinan madu tersebut palsu. Madu asli biasanya kental.

5. Tes sarang lebah

Seperti yang kita ketahui, sarang lebah memiliki bentuk heksagonal atau persegi enam. Anda juga dapat menguji keaslian madu lewat cara yang satu ini.

Pertama-tama, ambil madu dan taruh ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan air ke dalamnya dan putar searah jarum jam. Apabila ketika diputar air berbentuk heksagonal (persegi enam), maka dapat dipastikan madu tersebut merupakan madu asli.

6. Tes Busa

Cek keaslian madu dengan menambahkan 2-3 tetes sari cuka ke dalam madu, kemudian aduk rata.

Melansir India.com, apabila hasilnya berbusa hanya dalam 2-3 menit, maka produk madu Anda tergolong madu palsu atau oplosan, karena sudah ditambahkan dengan bahan lain.

Baca Juga: Cara Membedakan Clover Honey Asli dan Palsu

7. Uji Panas

Melalui uji panas, Anda dapat mengetahui apakah madu yang Anda beli termasuk madu asli atau madu palsu.

Caranya, cukup dipanaskan. Mengutip lybrate, Madu murni jika dipanaskan akan berubah menjadi karamel.

Sementara madu oplosan cenderung akan membentuk gelembung pada saat dipanaskan. Ia juga tak akan berubah menjadi karamel.

8. Tes kertas tisu

Kertas tisu produksi PT Suparma Tbk (SPMA)

Tisu dapat menjadi salah satu bahan penguji keaslian madu. Tahapannya sangat mudah, hanya dengan meneteskan madu pada selembar tisu.

Apabila madu terserap dan meninggalkan noda basah atau pertanda air pada tisu tersebut, maka dapat dipastikan madu tersebut adalah madu palsu dan bukan madu murni.

Baca Juga: Cara Membedakan Clover Honey Asli dan Palsu

9. Tes roti

Punya roti di rumah? Coba tes keaslian madu menggunakan roti tersebut, yuk.

Anda hanya perlu mengoleskan madu pada selembar roti dan biarkan selama beberapa menit. Apabila roti jadi mengerasi, maka madu tersebut merupakan madu asli.

Sebaliknya, madu palsu yang menggunakan bahan tambahan akan membuat roti tetap lembut dan lembap.

Itulah berbagai cara menguji keaslian madu yang Anda beli. Lakukan seluruh cara di atas apabila Anda masih ragu madu yang Anda beli asli atau palsu.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *