Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Jeruk nipis dan madu merupakan bahan – bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anda. Bahan – bahan alami ini kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Jeruk nipis sendiri mengandung banyak nutrisi. Dalam satu buah jeruk nipis berukuran sedang (berat sekitar 60 gram) terkandung nutrisi: vitamin C 22%, kalori 20, karbonhidrat 7 gram, protein 0,5 gram, lemak 0,1 gram, serat 1,9 gram, lemak 0,1 gram, zat besi 2%, kalsium 2%, vitamin B6 2%, thiamin 2% dan kalium 1%.

Sedangkan madu mengandung kalori, karbonhidrat, kalsium, tembaga, zinc, vitamin B, zat besi dan protein. Dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram karbohidrat serta 0,06 gram protein. Kalori dan karbohidrat madu didapat pada gula alami yang terkandung didalamnya.

Dengan mengkombinasikan jeruk nipis dan madu ini akan menghasilkan kandungan yang jauh lebih besar. Campuran jeruk nipis dan madu ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda salah satunya dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Begitulah, beberapa manfaat jika anda minum jeruk nipis dicampur madu.

Belakangan banyak kasus pemalsuan madu ditemukan. Beberapa diantaranya menggunakan campuran dari glukosa, fruktosa, dan molases untuk memalsukan madu.

Madu palsu tersebut biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 25.000. Dr. Rer. Nat. Budiawan yang merupakan Pakar toksikologi Universitas Indonesia (UI) menjelaskan bahwa, molase (bahasa Inggris molasses) adalah produk sampingan dari gula atau tebu.

Masyarakat biasanya menyebut molase ini sebagai tetes tebu. Meskipun warnanya mirip, tapi madu palsu yang dihasilkan mempunyai rasa yang berbeda dengan madu aslinya.

Lalu, bagaimana cara untuk membedakan madu asli dengan yang palsu? Berikut ini beberapa cara membedakan madu asli dan palsu:

  1. Dipanaskan dengan lilin
  2. Meneteskan madu pada koran
  3. Menuangkan madu ke air hangat
  4. Aroma
  5. Disiram air putih
  6. Tes roti
  7. Membekukan madu ke dalam freezer
  8. Panaskan menggunakan microwave

Adapun 9 macam cara yang tepat dalam membedakan madu asli dengan palsu yang perlu anda diketahui:

Dipanaskan dengan lilin

Cara mengetes madu asli atau palsu yang pertama adalah dengan menggunakan lilin. Tapi sebelumnya, siapkan sendok dan madu yang akan diuji. Tuangkan madu yang akan diuji pada sendok kemudian panaskan sendok tersebut diatas lilin. Madu yang dipanaskan akan berubah warna dan berbuih, tetapi madu tersebut akan kembali seperti semula saat sudah dingin.
Ketika ditarik dengan lidi, madu palsu akan membentuk benang keras. Sebaliknya, madu asli tidak akan membentuk benang keras.

Meneteskan madu pada koran

Cara kedua membedakan madu asli atau palsu dengan c