8 Manfaat Madu Untuk Wajah | Realfood

Manfaat Madu Untuk Wajah – Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah dari sari bunga atau nektar. Madu dapat digunakan dengan cara diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dioles untuk membantu penyembuhan luka, hingga dijadikan sebagai masker wajah. Lantas, apa saja manfaat masker madu untuk kulit wajah?

Mari ketahui berbagai manfaat masker madu untuk kulit wajah selengkapnya melalui pembahasan berikut.

Kandungan Madu

Sebelum membahas khasiatnya, penting untuk mengetahui berbagai kandungan madu terlebih dahulu. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut adalah berbagai senyawa yang terkandung di dalam 100 gram madu:

  • Air: 20 gram.
  • Protein: 0,3 gram.
  • Vitamin C: 4 miligram.
  • Vitamin B2 (riboflavin): 0,04 miligram.
  • Vitamin B3 (niasin): 0,1 miligram.

Selain itu, madu juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, antimikroba, dan antijamur sehingga dapat membantu merawat hingga mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih dan Madu

Berbagai Manfaat Masker Madu untuk Kulit Wajah

Terdapat berbagai manfaat masker madu untuk kulit wajah yang bisa diperoleh, mulai dari membantu mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, hingga mengurangi risiko kanker kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan madu diperkaya dengan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya sehingga mampu menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini

Untuk mendapatkan manfaat masker madu ini, pilihlah madu yang memiliki warna gelap karena mengandung lebih banyak mineral dan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas secara optimal.8 Manfaat Madu Untuk Wajah | Realfood

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker madu yang digunakan secara rutin diketahui dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih bersinar. Pasalnya, masker madu mengandung kadar vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu proses regenerasi sel kulit.

Selain itu, masker madu juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi wajah sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Masker madu mengandung enzim glucose oxidase yang bersifat antibakteri serta asam fenolat dan flavonoid yang bersifat antiinflamasi sehingga kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Selain itu, penggunaan masker madu secara rutin juga dapat mengatasi produksi minyak atau sebum berlebih yang bisa memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Melembapkan Kulit

Manfaat masker madu untuk kulit wajah selanjutnya adalah mampu menjaga dan mengoptimalkan kelembapan alami kulit. Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Molecules pada tahun 2020, madu mengandung gliserin yang berperan sebagai humektan, yaitu senyawa yang berfungsi untuk menarik air dari lingkungan dan mengumpulkannya pada lapisan kulit terluar.

5. Membantu Mengatasi Penyakit Eksim

Karena mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, masker madu juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit akibat penyakit eksim. Namun, pastikan untuk memilih madu murni yang belum dipasteurisasi, seperti madu manuka, untuk menghindari hilangnya kandungan nutrisi akibat proses pengolahan.

6. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Salah satu khasiat masker madu yang tak kalah penting adalah dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Sebab, madu mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas, seperti dari sinar UV dan asap kendaraan bermotor. Selain itu, efek antiinflamasi pada madu juga berfungsi untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh yang turut memengaruhi perkembangan sel kanker.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang telah dijelaskan, madu dikenal dengan kandungan antibakterinya yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk membantu melawan infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Bahkan, masker madu juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah.

Cara Menggunakan Masker Madu

Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, penting untuk memperhatikan dan mengetahui penggunaan masker madu yang tepat. Adapun langkah-langkah dan cara memakai masker madu yang benar adalah sebagai berikut:

  • Usahakan untuk memilih madu murni asli yang komposisinya tidak dicampur dengan pengawet atau bahan kimia sintetis.
  • Lalu, bersihkan kulit wajah menggunakan sabun cuci wajah dan air.
  • Keringkan kulit wajah menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Oleskan madu secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah.
  • Diamkan masker madu selama 20–30 menit.
  • Bersihkan masker madu menggunakan air hangat.
  • Lalu, basuh wajah menggunakan air dingin yang berfungsi untuk merapatkan pori-pori wajah kembali.
  • Keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih.

 

Efek Samping Masker Madu

Perlu diketahui bahwa penggunaan masker madu juga bisa menimbulkan efek samping, terutama bagi mereka yang alergi dengan madu. Beberapa reaksi alergi yang mungkin muncul adalah:

  • Munculnya ruam merah dan gatal-gatal pada kulit wajah.
  • Bengkak pada bagian tubuh yang terpapar alergen, misalnya wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan.
  • Bersin, batuk, dan sesak napas.
  • Sensasi panas pada kulit.
  • Mual dan muntah.

Bila terdapat gejala-gejala alergi seperti di atas, segera hentikan penggunaan masker madu dan datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Hal ini dapat diakibatkan karena reaksi alergi terhadap suatu jenis madu tertentu.

Itu dia berbagai manfaat masker madu untuk kulit wajah yang sayang dilewatkan. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar perawatan kulit wajah yang tepat, ada baiknya untuk membuat janji temu dengan dokter Siloam Hospitals terdekat melalui fitur Cari Dokter. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh saran terbaik mengenai perawatan kulit wajah dari dokter spesialis yang sudah berpengalaman.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *