Cara Membedakan Clover Honey Asli dan Palsu – Madu clover adalah salah satu jenis madu yang populer di pasaran. Jenis madu ini mengandung gula tumbuh-tumbuhan alami, vitamin, serta mineral. Terdapat sejumlah keunggulan madu clover honey yang membedakan dari jenis madu lainnya.

Perbedaan Madu Clover dan Madu Lainnya

Berikut ini perbedaan madu clover dan madu lainnya, yaitu:

1. Asal madu

Pada madu biasa, dihasilkan oleh lebah yang mengumpulkan nektar dari berbagai macam tanaman atau bunga. Sedangkan untuk madu clover berasal dari lebah yang hanya mengonsumsi sari bunga clover sehingga menghasilkan rasa yang lebih khas.

Bunga clover (Clover Plants) adalah salah satu sumber nektar favorit bagi lebah. Tanaman clover yang memiliki lebih dari 300 spesies ini termasuk tanaman yang tahan pada segala cuaca. Di daratan tinggi New Zealand, tanaman clover tumbuh banyak dan subur.

Baca Juga : Cara Bedakan Madu Asli Dan Campuran

2. Tekstur madu

Tekstur yang lebih kental adalah ciri khas yang dimiliki madu clover dibandingkan dengan madu lainnya. Madu clover sering dikonsumsi sebagai campuran makanan atau minuman, toping ice cream, roti, yoghurt, dan lain-lain.

3. Warna madu

Clover honey memiliki warna yang cenderung terang, putih bening hingga warna kuning muda. Berbeda dengan jenis madu lain yang warnanya kuning pekat hingga cokelat gelap.

4. Rasa Madu

Madu ini sangat lembut dengan rasa bunga yang manis. Kandungan vitamindan mineral pada madu clover sangat baik. Flavanol dan asam fenolik pada madu yang cukup tingi ini menjadi antioksidan dan anti-inflamasi.Gampang Ketahuan, Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Ternyata Mudah, Cukup Pakai Jari Saja

Kandungan yang Ada pada Madu Clover

Madu clover 100% atau madu mentah. Madu yang tidak melalui proses pemanasan ini diunggulkan karena kandungan enzim dan nutrisi yang tinggi.

Kualitas madu ini tidak mudah rusak, dengan setiap 1 sendoknya atau 21 gram madu clover mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

  • Kalori: 60 kkal
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram

Selain nutrisi di atas, madu clover juga mengandung sejumlah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada madu clover juga mengandung zat besi, seng, kalium, dan magnesium.

Antioksidan pada madu clover juga cukup tinggi dan bagus untuk kesehatan. Clover honey juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang tinggi untuk mengobati luka bakar atau luka gores.

Manfaat Madu Clover untuk Kesehatan

Berbicara mengenai manfaat, madu clover ini memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin mengonsumsi madu clover.

1. Meredakan gejala flu dan batuk

Kandungan antivirus pada madu clover sangat bagus untuk membantu meredakan gejala flu dan batuk. Madu clover dapat dikonsumsi setiap hari untuk meredakan gejala flu dan batuk dengan 1-2 sendok makan sehari.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat mengonsumsi clover honey yang mengandung prebiotik alami dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Kandungan madu clover juga memiliki manfaat untuk meredakan sakit maag, sembelit, diare, dan penyakit sistem pencernaan lainnya.

3.  Mengobati luka bakar dan masalah kulit

Madu merupakan bahan alami yang mengandung antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat luka bakar atau masalah kulit lainnya. Selain itu, kandungan senyawa pada madu juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan jaringan kulit.

4.  Mencegah penyakit kardiovaskular

Madu clover dapat membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar HDL. Kandungan antioksidan dan flavanol juga dapat menjaga tekanan darah, melancarkan aliran darah, dan mencegah tekanan darah tinggi.

5.  Memperkuat sistem imun tubuh

Sifat antibakteri dan antivirus yang ada pada madu clover sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini dapat memperkuat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6.  Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Madu ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan anti bakteri dan anti-inflamasi pada madu clover mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi.

7.  Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari madu clover adalah nutrisi dan mineral yang dapat menjaga kepadatan tulang. Membantu menjaga tulang tetap kuat dan mencegah osteoporosis.

Cara Konsumsu Madu Clover

Madu clover dapat dikonsumsi setiap hari dengan takaran yang pas atau sesuai anjuran. Cara konsumsi madu clover bisa langsung diminum atau dilarutkan dengan air. Madu ini bisa menjadi bahan tambahan pada minuman, seperti teh, jus, yogurt, dan lainnya sebagai pengganti gula.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan manfaat madu clover, Anda bisa membelinya di Hillary Farm. Produk madu ini sudah bersertifikat BPOM dan aman untuk semua usia *minimal 1 tahun. Banyak orang yang mengonsumsi madu clover sebagai suplemen alami untuk menjaga daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *