6 Manfaat Madu bagi Kesehatan - Alodokter

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kekebalan Tubuh – Anda mungkin pernah mendengar berbagai manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia. Madu sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya jadi pemanis pengganti gula, madu juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.

Madu merupakan zat berbentuk cair dan manis yang diproduksi oleh lebah madu menggunakan nektar tumbuhan berbunga. Ada setidaknya 320 jenis madu yang diproduksi oleh berbagai jenis lebah. Masing-masing madu punya warna, rasa dan bau yang berbeda-beda.

Sebagian besar kandungan dalam madu adalah gula serta campuran asam amino. Madu juga mengandung vitamin, zat antioksidan, mineral, zat besi dan seng. Manfaat madu untuk kesehatan dan pengobatan sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Sampai saat ini Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Lalu, apa saja manfaat madu dan khasiat madu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca Juga : Madu Lokal yang Ampuh Mengobati Beragam Penyakit

1. Mengandung Sejumlah Nutrisi Penting

Madu adalah sumber gula asli tanpa lemak dengan kandungan serat serta protein di dalamnya. Madu juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Salah satu zat penting yang terkandung disebut dengan polifenol yang diketahui bsa membantu mencegah beberapa jenis kanker, diabetes serta mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

2. Membantu Mengelola Diabetes

Manfaat madu untuk kesehatan yang berikutnya adalah kemampuannya dalam membantu mengelola diabetes. Meski mengandung gula, manfaat minum madu setiap hari juga bisa membantu penderita diabetes melitus karena antioksidan madu yang tinggi.

Madu juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus menurunkan lipid darah dan kandungan protein reaktif yang biasanya dialami oleh penderita hiperlipidemia (kelebihan lipid dalam darah).6 Manfaat Madu bagi Kesehatan - Alodokter

3. Membantu Menghidrasi Kulit

Manfaat madu untuk kulit tidak hanya karena sifat anti-inflamasi serta anti-bakterinya saja. Madu juga bisa membantu menghidrasi kulit sekaligus mempercepat proses regenerasi sel kulit yang rusak.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Madu memiliki sejumlah khasiat obat, salah satunya mampu membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Antioksidan serta anti-bakteri yang ada di dalamnya juga mampu membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus bakteri dan jamur. Jika dikonsumsi setiap hari dengan jumlah yang tepat, ini bisa membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit.

5. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada manfaat madu untuk ibu hamil? Jawabannya: banyak sekali! Konsumsi madu bisa membantu mengurangi rasa mual, menambah nafsu makan, mencegah keputihan hingga memudahkan proses persalinan dan mencegah keracunan pada janin.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Madu tidak hanya bisa membantu Anda menjadi lebih sehat, tapi juga bisa meningkatkan kekuatan otak dan daya ingat. Konsumsi madu secara teratur bisa mencegah stres metabolic dan membantu menenangkan otak. Pada akhirnya ini akan membantu meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang.

Kandungan antioksidan alami dan sifat terapeutik madu bisa membantu meningkatkan sistem kolinergik dan sirkulasi otak serta memperbaiki sel-sel yang menyusut yang menyebabkan hilangnya daya ingat.

7. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut sebuah ulasan, madu bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lemak darah, mengatur detak jantung serta mencegah kematian sel sehat pada jantung. Semua faktor ini pada akhirnya bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung Anda.

Salah satu studi observasi yang melibatkan lebih dari 4.500 orang berusia di atas 40 tahun mengaitkan antara asupan madu dalam jumlah sedang dengan risiko tekanan darah yang lebih rendah di kalangan wanita.

8. Membantu Mengelola Asma dan Flu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan dengan madu berhasil mengelola asma dengan cara mencegah peradangan saluran napas. Khasiat tersebut juga membuat madu bisa membantu mengelola kondisi pasien dengan bronkitis kronis.

9. Obat Batuk Alami

Madu dikenal sebagai salah satu bahan obat alami untuk mengatasi batuk kering maupun batuk basah. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum madu satu sendok makan bisa membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Madu adalah obat alami untuk batuk, terutama pada anak-anak karena bisa membantu meredakan batuk di malam hari yang membuat tidurnya jadi lebih nyenyak.

10. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Madu adalah obat luka tertua di dunia dan agen penyembuhan yang dikenal oleh umat manusia. Madu mampu mengaktifkan respon kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, merangsang produksi sel darah putih –yang membantu melawan infeksi sekaligus membantu memulai perbaikan jaringan.

11. Meningkatkan Performa dalam Aktivitas

Untuk setiap satu sendok madu yang Anda konsumsi, Anda mendapatkan 17 gram karbohidrat. Ini menunjukkan bahwa madu bisa menjadi sumber energi saat Anda berolahraga. Studi pada atlet menunjukkan bahwa konsumsi madu dalam jumlah rendah selama aktivitas fisik bisa menyebabkan peningkatan kinerja. Ini tentu sangat berguna, terutama untuk pria yang kerap melakukan aktivitas berat.

12. Baik untuk Anak dan Perkembangannya

Memberikan madu kepada bayi –di usia lebih dari satu tahun tentunya, diketahui bisa meningkatkan daya ingat dan membantu mendukung pertumbuhan. Madu juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kinerja anak di kemudian hari.

Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang diberi madu cenderung mengalami pertambahan berat badan yang stabil, memiliki asupan kalsium yang baik dan tidak punya masalah pencernaan.

13. Obat Alami untuk Ketombe

Tahukah Anda bahwa madu juga bermanfaat untuk kesehatan rambut? Madu adalah salah satu opsi pengobatan alami untuk ketombe. Tidak hanya bisa memberi nutrisi pada rambut kering, madu juga bisa membuat rambut lebih halus dan lembut.

14. Mencegah Rambut Rontok

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda bisa mencampurkan madu dengan lavender dan teh hijau lalu jadikan ini sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 menit lalu keramaslah. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai gejala rontok membaik.

15. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur atau insomnia, minum campuran air madu dengan susu hangat bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Anda juga bisa mencampurkan 1 atau 2 sendok teh madu ke dalam teh chamomile hangat dan menyeruputnya untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Anda bisa membeli madu asli dalam berbagai jenis termasuk madu hitam di apotik K24klik. Cukup lakukan pemesanan secara online, madu akan kami kirimkan sampai ke depan rumah Anda.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *