Cara Minum Madu yang Benar

Cara Minum Madu yang Benar

Madu merupakan cairan manis alami yang berasal dari nektar tumbuhan atau sari bunga yang diproduksi oleh lebah madu. Rasa manis pada madu disebabkan oleh unsur glukosa dan monosakarida fruktosa. Dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan rasa manisnya gula. Madu mengandung banyak nutrisi diantaranya Glukosa 31,3%, Fruktosa 38,2%, Sukrosa 1,3%, Maltosa 7,1%, Gula paling tinggi 1,5%, Air 17,2%. Madu juga memiliki banyak jenis – jenisnya seperti:

  1. Madu Hutan Sumbawa
  2. Madu Randu
  3. Madu Pahit Bangka
  4. Madu Kopi
  5. Madu Hutan Timor
  6. Madu Tawon Gung
  7. Madu Kaliandra
  8. Madu Klanceng
  9. Madu Kelengkeng
  10. Madu Bunga Karet
  11. Madu Embun
  12. Madu Hutan Sumatera

Ada pula manfaat madu untuk kesehatan:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Agen antibakteri
  • Melegakan tenggorokan
  • Mengobati batuk
  • Menghaluskan wajah dan menyamarkan bekas jerawat
  • Menyembuhkan luka
  • Menjaga kadar kolestrol
  • Membantu meningkatkan metabolisme tubuh
  • Energy booster
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan daya ingat
  • Dan masih banyak manfaat minum madu lainnya

Saking banyaknya manfaat madu, banyak produk yang laris dipasaran. Contohnya, madu zuriat untuk promil. Lalu ada juga merk madu bima 99 yang diklaim memiliki manfaat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan catatan, mengikuti aturan minum madu hitam pahit yang benar.

Meskipun madu berasal dari bahan alami, tetap saja madu merupakan pemanis tambahan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara mengonsumsi madu agar manfaat sehat bisa diperoleh secara maksimal.

Berikut ini cara paling sehat untuk mengonsumsi madu:

  1. Membatasi konsumsi madu harian
  2. Kenali jenis madu
  3. Mempelajari tekstur madu
  4. Jangan malas untuk membaca kemasan madu
  5. Hindari memberikan madu pada anak di bawah 2 tahun
  6. Madu untuk daya tahan tubuh
  7. Madu untuk membantu tidur lebih nyenyak

Adapun 7 macam cara tepat dalam mengkonsumsi madu yang perlu anda diperhatikan:

Membatasi Konsumsi Madu Harian

Aturan pertama dalam minum madu adalah dengan membatasi mengonsumsi madu setiap hari. Karena salah satu efek minum madu tiap hari adalah timbulnya konstipasi. Sama halnya seperti yang dikatakan oleh para pakar yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi madu secara berlebihan atau secara moderat saja.

Usahakan untuk menjaga asupan gula tambahan setiap hari dengan kandungan kalori di bawah 150 kalori per hari bagi pria dan 100 kalori per hari bagi wanita. Karena, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dalam satu sendok makan madu, mengandung kalori sekitar 64 kalori dan gula sekitar 17 gram.

Ada berbagai macam cara anda dalam mengonsumsi madu, bisa dengan menambahkan ke beberapa jenis hidangan seperti:

  • Menuangkan madu ke dalam yoghurt.
  • Menjadikan pengganti saus dalam dressing salad.
  • Menambahkan satu sendok makan madu ke dalam teh hangat.
  • Mencampurkan madu ke roti panggang, selai strawberry dan oatmeal pagi.

Kenali Jenis Madu

Ada beberapa jenis madu utama yang dihasilkan oleh lebah yaitu organik, light, raw, filtered dan dark. Jenis madu ini mengacu pada sumber madu yaitu pada jenis bunga yang nektarnya diambil dan dikonsumsi oleh lebah. Nektar yang digunakan lebah sangat berpengaruh pada warna, rasa dan nutrisi yang terkandung pada madu tersebut.

Cara yang paling tepat mengonsumsi madu adalah bagaimana anda menggunakan madu itu dan memilih jenis madu yang sesuai dengan selera anda.

Contohnya madu bunga karet, meski karakter warna transparan kuning kecokelatan, tetapi madu ini memiliki rasa manis, tidak kecut dan aromanya cenderung harum. Madu ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti: alergi, luka bakar, gatal pada kulit. Bahkan jika anda rajin mengkonsumsinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit.

Mempelajari Tekstur Madu

Cara memilih produk madu yang bagus dan berkualitas adalah dengan melihat dan merasakan tekstur dari madu tersebut. Biasanya, madu yang bagus memiliki tekstur yang tebal dan pada saat diaduk, madu bergerak dengan sangat lambat.

Madu yang bagus tidak terlalu lengket jika disentuh tangan dan tidak cair seperti sirup. Bisa juga dilakukan dengan cara mencium aroma madu tersebut, karena biasanya madu asli memiliki aroma yang khas bunga.

Kalau bisa, belilah produk madu lokal di tempat yang mendapatkan review bagus serta memang sudah terbukti kualitasnya.

Jangan Malas Untuk Membaca Kemasan Madu

Sebelum mengonsumsi madu untuk asupan harian anda, ada baiknya terlebih dahulu untuk mengecek apakah madu tersebut produk lokal atau impor. Anda juga bisa melakukan riset sebelum dibeli untuk dikonsumsi.

Pasalnya, sudah banyak kasus madu palsu diluar sana dengan cara mencampur madu dengan bahan – bahan lainnya. Lebih baik untuk tidak malas membaca kemasan madu sebelum di beli. Agar anda mendapatkan manfaat sehat dengan mengonsumsi madu yang asli. Serta bisa anda waspadai madu palsu dengan cara identifikasi melalui harga yang lebih murah dipasaran.

Hindari Memberikan Madu pada Anak di Bawah 2 Tahun

Banyak orang tua yang belum memahami aturan minum madu yang benar untuk anak. Karena banyak yang berfikir memberikan madu untuk anak dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi pada kenyataanya, memberi minum madu pada bayi diusia kurang dari satu tahun dapat menyebabkan risiko penyakit botulisme.

Penyakit ini disebabkan oleh spora dan juga toksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Bakteri Clostridium botulinum dapat ditemukan pada madu. Dan juga usus bayi tidak dapat mengatasi spora bakteri yang masuk dikarenakan flora baik yang ada pada usus bayi belum bisa berkembang dengan sempurna.

Toksin botulinum dapat mengakibatkan kelemahan pada saraf dan sistem otot bayi hingga berisiko kematian.

Berbeda pada anak di atas 2 tahun dan orang dewasa, bakteri dapat diatasi oleh flora baik pada usus normal yang sudah berkembang sehingga tidak menimbulkan penyakit.

Maka, kita perlu mengetahui takaran minum madu yang sesuai untuk umur. Karena kalau kita mengetahui dosis minum madu dengan benar akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Madu untuk Daya Tahan Tubuh

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti sebagai antibakteri dan antioksidan sehingga mampu meningkatkan sitem kekebalan tubuh. Anshul Jaibharat, seorang ahli gizi dari Delhi, menyarankan untuk mengonsumsi madu saat pagi hari untuk mendapatkan manfaat madu tersebut.

Anshul Jaibharat juga merekomendasikan cara minum madu dengan benar, yaitu dengan cara menambahkan satu sendok makan madu ke dalam secangkir teh hangat dan jus lemon pada pagi hari. Dinimum sebelum sarapan lalu rasakanlah khasiatnya.

Madu untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Madu juga memiliki manfaat untuk anda yang kesulitan tidur dimalam hari. Karena madu bisa membantu melepas hormon serotonin dan mengubahnya menjadi melatonin. Hormon ini dapat membantu tidur anda menjadi lebih baik/lebih nyenyak. Maka dari itu, anda harus tau waktu terbaik meminumnya.

Cara minum madu untuk mendapatkan manfaat ini sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh chamomile. Karena teh chamomile ini sudah dikenal dapat membantu kesulitan tidur. Selain itu, anda juga dapat Anda dapat mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu panas sebelum tidur.

Nah, itulah informasi mengenai cara minum madu yang benar. Sangat penting untuk mengetahui cara minum madu yang benar, agar anda memperoleh manfaat sehat yang di inginkan secara maksimal. Dan manfaat madu bisa anda rasakan secara maksimal dengan mengkonsumsi Madu Samawa yang merupakan madu hutan sumbawa asli hasil buruan melalui tombol whatsapp dibawah ini.


whatsapp madu samawa

Originally posted 2021-12-20 13:04:51.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *