Manfaat Madu Hitam Untuk Tubuh dan Cara Konsumsi – Manfaat madu hitam guna memelihara kesehatan dan mengobati berbagai penyakit telah dikenal sejak dahulu. Mungkin walaupun rasanya yang kurang lezat sebab cukup pahit, namun manfaatnya untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Dari namanyanya saja, ciri khas dari madu hitam ini yaitu warnanya yang lebih gelap daripada jenis madu yang lainnya. Madu hitam berasal dari lebah yang menghisap sari bunga mahoni, yang pastinya mempunyai rasa sedikit pahit dan warna coklat tua.

Rasa dan warna tersebut bisa dipengaruhi karena adanya kandungan alkaloid dari pohon mahoni. Tetapi, alkaloid tidak hanya memberikan rasa pahit saja, kandungan yang satu ini membawa segudang manfaat untuk kesehatan mu.

Sebelum mengetahui berbagai manfaat madu hitam untuk kesehatan tubuh, kita ulas terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalam madu hitam menyehatkan ini.

Baca Juga : Efek Samping Madu Hitam Pahit bagi Kesehatan

Kandungan Super pada Madu Hitam

Seperti yang sudah dibahas sebelum nya jika madu hitam asalnya dari lebah hutan yang mengambil sari dari bunga mahoni yang tinggi akan kandungan Alkaloid. Kandungan ini berguna menjadi anti infeksi yang sangat efektif guna menyembuhkan peradangan.

Tidak hanya itu, bahan alami tersebut pun memiliki kandungan asam fenolat yang masuk dalam kelompok senyawa paling penting pada tumbuhan. Senyawa ini memiliki peran menjadi antioksidan alami yang mencegah aktivitas radikal bebas pada tubuh.

Karena kandungan senyawa tersebut, madu hitam bisa menyembuhkan kanker, anti radang dan memperkuat kekebalan tubuh. Madu hitam pun memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh, stroke, diabetes, penyakit koroner sampai kanker.

Selanjutnya, pakar biokimia, DR. Larry Brookes pada risetnya pun mendapati sejumlah zat di bawah ini yang ada di dalam madu hitam:

  • Hemoglobin, berfungsi guna mengikat oksigen yang ada di dalam tubuh, membuat stamina tubuh selalu terjaga.
  • Unsur kromium, dapat membantu fungsi pankreas untuk membuat insulin, menjadikan metabolisme gula darah dapat bersirkulasi lebih lancar dan tidak tertimbun di dalam pembuluh darah.
  • Saponin, berfungsi untuk membangun kekebalan tubuh dan merawat gula darah supaya selalu stabil serta menurunkan lemak tubuh.

Tidak hanya kandungan tersebut saja, madu hitam pun tinggi akan nutrisi, seperti vitamin, karbohidrat, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Khasiat Madu Hitam untuk Kesehatan

Berikut ini segudang manfaat yang bisa kamu peroleh bila mengkonsumsi madu hitam secara rutin:

1. Tidak melonjakkan gula darah

Riset yang dirilis oleh Journal Pharmaceutical Biology mengungkapkan, tanaman dengan kandungan alkaloid memperlihatkan kegiatan antihiperglikemik saat diuji coba pada tikus yang menderita diabetes.

Yang berarti, madu hitam mempunyai potensi yang bagus guna dikonsumsi oleh beberapa orang yang memiliki kadar gula darah cukup tinggi. Tidak hanya itu, kabar baiknya lagi, tidak sama seperti madu jenis lainnya, madu hitam ini mempunyai kandungan glukosa atau gula yang cukup rendah.

Dengan begitu, untuk pengidap diabetes yang ingin memperoleh khasiat dari madu hitam ini, ada baiknya konsultasikan ke dokter lebih dahulu. Hal ini sangat penting guna mengetahui takaran yang tepat. Sehingga, reaksi yang tidak ingin terjadi dapat dihindari.

2. Melawan radikal bebas

Tidak hanya alkaloid, ternyata madu hitam pun tinggi akan flavonoid dan asam fenolat. Kedua kandungan tersebut berguna menjadi antioksidan alami yang bisa memperlambat terjadinya radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas yang berlebihan bisa berkaitan dengan munculnya berbagai penyakit, seperti stroke, tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

3. Obat alergi yang alami

Mengkonsumsi madu hitam ternyata bisa sangat bermanfaat untuk kamu yang mempunyai alergi. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi, contohnya eksim atopik, rhinitis, asma dan lainnya, bisa dibantu dengan hadirnya kandungan flavonoid yang ada di dalam madu hitam

4. Mengobati gejala masalah lambung

Pengidap sakit lambung kerap kali mengalami berbagai gejala, seperti muntah, mual, perut kembung, dan nyeri di area ulu hati. Walaupun tidak menyebabkan komplikasi yang serius, membiarkan sakit lambung dapat berakibat pada timbulnya luka pada lambung yang sangat lebar dan dalam.

Cara alami yang bisa kamu lakukan guna mengatasi sakit lambung tersebut yaitu dengan mengkonsumsi madu hitam. Jenis madu yang satu ini mempunyai sifat dasar menjadi antibiotik, sehingga bisa menurunkan gejala sakit lambung karena infeksi dari bakteri Helicobacter pylori.

5. Mengatasi masalah saluran pernapasan

Mengkonsumsi madu hitam diyakini dapat membantu menyembuhkan asma. Tetapi, hal tersebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Tidak hanya itu, bila kamu mempunyai riwayat alergi berat, maka harus memperhatikan komposisi yang terdapat pada madu untuk bisa mencegah alergen yang dapat mengakibatkan munculnya keluhan alergi.

6. Mengobati batuk

Salah satu penelitian mengungkapkan jika madu hitam bisa menurunkan frekuensi batuk yang sedang dialami oleh anak-anak pengidap bronkitis. Madu hitam dianggap cukup efektif diberikan untuk orang-orang yang belum pernah mencoba pengobatan apa saja guna mengatasi batik.

7. Merawat kesehatan jantung

Kandungan flavonoid yang ada di dalam madu hitam yang berpotensi menjadi antioksidan bisa membantu kamu terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan juga pembuluh darah. Hal ini berhubungan dengan potensi guna memantau kolesterol pada darah dan menghindari sumbatan aterosklerosis atau pembuluh darah.

Nah, itu dia segudang manfaat madu hitam yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin dan konsisten dengan dosis yang tepat. Walaupun rasanya pahit, yang terpenting adalah berbagai manfaat nya bisa kamu dapatkan hanya dalam sekali teguk saja.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *