Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Baik Pria maupun Wanita - Info Kesehatan

Manfaat Madu Hitam Untuk Stamina dan Kecantikan – Sudah sejak dulu madu hitam digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Madu hitam sendiri adalah salah satu jenis madu dengan kandungan nutrisi melimpah dan bahan bermanfaat lainnya. Berasal dari sari bunga pohon mahoni, rasa madu hitam cenderung lebih pahit dibanding madu biasa.

Dalam madu hitam, terkandung beberapa senyawa yang diketahui dapat melawan radikal bebas, mencegah kanker, memulihkan penyakit akibat kolesterol, menyembuhkan diabetes, hingga mengurangi risiko penyakit stroke. Menurut seorang ahli biokimia, setidaknya ada 3 senyawa aktif dalam madu hitam.

Ketiga senyawa itu adalah, saponin, kromium, dan hemoglobin. Setiap senyawa memiliki manfaatnya masing-masing dan didukung oleh senyawa lain yang tidak kalah bermanfaat yaitu zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, dan vitamin. Jadi bisa dibayangkan bukan mengapa madu hitam dianggap bermanfaat bagi kesehatan?

Baca Juga : Madu Hitam Efektif Mempercepat Penyembuhan segala penyakit

Khasiat Madu Hitam untuk Wanita

Madu hitam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga kecantikan. Inilah mengapa banyak perempuan tertarik untuk mengonsumsi obat alami ini sehari-hari agar tubuh mereka selalu fit. Lalu, apa saja manfaat madu hitam bagi perempuan?

1. Meningkatkan Stamina

Perempuan adalah mahluk multitasking, artinya perempuan bisa melakukan beberapa aktivitas dalam waktu bersamaan. Meskipun terlihat mudah, nyatanya hal ini cukup menguras energi. Jadi jangan heran apabila perempuan cenderung mudah stres setelah seharian beraktivitas.

Agar tubuh selalu bertenaga saat menyelesaikan semua kegiatan, kamu bisa mengonsumsi madu hitam. Kandungan nutrisi dalam madu hitam dinilai mampu meningkatkan stamina dan mengembalikan energi. Konsumsi herbal ini secara rutin diyakini akan membuat tubuh lebih bertenaga sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah mengatasi nyeri sendi. Meskipun mungkin secara fisik perempuan tidak lebih kuat dari laki-laki, tetapi aktivitas sehari-hari mereka cukup melelahkan. Mulai dari hamil, melahirkan, hingga mengasuh anak memiliki risiko kesehatan termasuk salah satunya nyeri sendi.

Jika dibiarkan hal ini tentu dapat menghambat aktivitas dan membuat perempuan kurang produktif. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi madu hitam secara rutin agar kandungan penetralisir racun di dalamnya dapat membuat substansi pemicu nyeri sendi atau asam urat.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah bagi perempuan cukup berisiko untuk menimbulkan penyakit seperti anemia atau hipertensi. Agar sirkulasi darah senantiasa lancar, kamu bisa mengonsumi madu hitam secara rutin dan mendapatkan manfaat dari kandungan flavonoid.

Selain dapat melancarkan sirkulasi darah, flavonoid juga diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, mengurangi lemak, dan sebagai agen antioksidan. Jika dikonsumsi secara rutin, risiko terkena penyakit darah berbahaya lain seperti Leukimia pun dapat diminimalisasi.

4. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Risiko diabetes pada perempuan cenderung lebih tinggi dibandingkan pada pria. Untuk meminimalisasi risiko diabetes dan mengurangi kadar gula dalam darah, kamu bisa mengonsumsi herbal ini karena salah satu manfaat madu hitam adalah menurunkan kadar gula.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rasa madu hitam cenderung lebih pahit. Hal ini karena kandungan gula dalam obat alami ini sangat rendah. Inilah mengapa madu hitam cukup aman bagi penderita diabetes yang sedang terapi untuk menyembuhkan penyakit mereka.

5. Sebagai Antioksidan

Hidup di daerah perkotaan dengan paparan polusi tinggi membuat perempuan, terutama yang bekerja di luar rumah, berisiko terkena radikal bebas. Dalam kondisi tubuh kurang fit, radikal bebas tersebut bisa menyerang tubuh dan menjadi pemicu kanker di kemudian hari.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi madu hitam sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan menjadi bahan alami pencegah kanker. Jadi selain obat, madu hitam juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen atau minuman penunjang kesehatan sehari-hari.

6. Meningkatkan Imunitas

Di masa pandemi ini menjaga kekebalan tubuh atau imunitas merupakan hal yang penting. Sebagai penunjang, kamu bisa memanfaatkan madu hitam untuk meningkatkan imunitas. Hal ini karena, di dalam madu hitam terkandung senyawa femolat yang dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit.

Bagi perempuan yang harus bekerja dan mengurus rumah, memiliki kekebalan tubuh sangatlah penting. Interaksi dengan banyak orang dan anak-anak membuat perempuan lebih berisiko tertular penyakit musiman seperti flu atau demam. Jadi bisa dibayangkan bukan betapa pentingnya mengonsumsi madu hitam bagi perempuan?

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain antioksidan, madu hitam juga diketahui memiliki sifat antiinflamasi. Artinya, madu hitam dipercaya mampu mengatasi luka dan infeksi pada kulit secara efektif. Selain diminum, kamu juga bisa menggunakan madu hitam sebagai masker wajah dalam perawatan kecantikan.

Berkat sifat antiinflamasinya, madu hitam terbukti dapat mengatasi jerawat, mengurangi flek hitam, dan menghilangkan black spot di wajah. Untuk masker, aplikasikan madu hitam setidaknya seminggu dua kali. Setelah itu bilas wajah sampai bersih dan sisa madu benar-benar terangkat.

Jika dilakukan secara rutin. noda di wajah akan berkurang dan kulit pun semakin sehat. Menarik bukan?

8. Menurunkan Berat Badan

Setiap perempuan pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Sayangnya, tidak semua punya waktu dan motivasi cukup untuk berolahraga atau diet demi mendapatkan bentuk tubuh idaman. Sebagai alterantif, kamu bisa mengonsumsi madu hitam untuk mengontrol nafsu makan.

Kandungan leptin dalam madu hitam dipercaya dapat melakukan hal tersebut secara efektif dengan cara mengontrol proses metabolisme. Inilah mengapa rutin mengonsumsi madu hitam dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit akibat obesitas seperti diabetes, jantung, dan darah tinggi.

9. Obat Alergi

manfaat clover honey

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah sebagai obat alergi. Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam madu hitam diketahui dapat membantu meregenerasi sel-sel saraf, dan mengatasi berbagai penyakit akibat aleri seperti asma, eksem, rhinitis, atopic, dan lain sebagainya. Dengan rutin mengonsumsi madu hitam, penyakit tersebut dapat dihindari atau bahkan disembuhkan.

10. Kesehatan Jantung

Seperti halnya pria, perempuan memiliki risiko sama besar dalam hal kesehatan jantung. Untuk mengatasi hal ini, mengonsumsi madu hitam sangat disarankan. Dalam madu hitam terdapat sifat antioksidan dan antiperadangan yang berpotensi menghindarkan kamu dari berbagi risiko jantung.

Flavonoid dalam madu hitam juga diyakini dapat menurunkan risiko munculnya aterosklerosis, atau timbunan lemak yang dapat menyumbat pembuluh arteri pada jantung. Tidak hanya itu, flavonoid juga diketahui bisa mengontrol kolesterol dan menguatkan dinding pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa manfaat madu hitam bagi kesehatan maupun kecantikan perempuan. Secara umum, madu hitam memang memiliki banyak manfaat yang tidak bisa diabaikan. Jadi konsumsi herbal alami ini untuk sehari-hari sangat disarankan agar kesehatan tubuh senantiasa stabil.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *