30 Menit Sebelum Sarapan, Coba Makan Bawang Putih yang Direndam Madu,  Jangan Kaget Pil yang Dikonsumsi Jadi Tak Terpakai Lagi - Semua Halaman -  Sajian Sedap

Manfaat Bawang Putih Di Rendam Madu – Tak dimungkiri bahwa bawang putih dan madu memiliki banyak manfaat kesehatan. Kombinasi keduanya bisa menciptakan khasiat yang lebih baik, salah satunya adalah rendaman bawang putih dan madu. Lantas apa saja manfaat rendaman bawang putih dan madu?
Bawang putih dan madu telah digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia.

Bahan kesehatan utama dalam bawang putih adalah allicin. Allicin mengandung oksigen, sulfur, dan bahan kimia lainnya yang memberikan sifat antibakteri dan melawan penyakit pada bawang putih.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Dan Madu

Anda bisa membuat rendaman bawang putih dan madu dengan cara memasukkan siung bawang putih utuh yang sudah dikupas ke dalam setoples yang bersih.

Tuang madu di atas bawang putih dan aduk hingga tercampur. Pastikan bawang putih sudah terendam dalam madu. Kemudian tutup setoples dan diamkan pada suhu ruang selama beberapa minggu hingga satu bulan sebelum digunakan.

Berikut beberapa manfaat rendaman bawang putih dan madu.

1. Memiliki sifat antibakteri

Menurut uji laboratorium, bawang putih dan madu memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, terutama bakteri yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan keracunan makanan.

Awalnya, kedua bahan ini diuji secara terpisah. Namun ketika dikombinasikan, ternyata manfaat antibakterinya jauh lebih baik lagi. Rendaman bawang putih dan madu bisa menghentikan atau membuat pertumbuhan bakteri jadi lebih lambat.

Penelitian laboratorium lainnya juga menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak bawang putih dan madu bisa mencegah infeksi bakteri yang tak bisa diatasi oleh obat antibiotik biasa.

2. Memiliki sifat antivirus

Ilustrasi. Manfaat rendaman bawang putih dan madu dipercaya dapat mengatasi flu. (iStock/monstArrr_)
Rendaman bawang putih campur madu juga memiliki sifat antivirus. Artinya, kombinasi kedua bahan alami ini dapat menghentikan pertumbuhan virus sehingga melawan infeksi seperti flu, pilek, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus.

Melansir Healthline, sebuah uji laboratorium menemukan bahwa madu Manuka mampu menghentikan pertumbuhan virus flu. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu, terutama madu Manuka, bekerja hampir sama baiknya dengan obat antivirus untuk melawan virus flu.

30 Menit Sebelum Sarapan, Coba Makan Bawang Putih yang Direndam Madu,  Jangan Kaget Pil yang Dikonsumsi Jadi Tak Terpakai Lagi - Semua Halaman -  Sajian Sedap

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian klinis dan laboratorium telah meneliti berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung. Mayo Clinic mencatat bahwa antioksidan dalam madu juga dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.

Menurut tinjauan medis, bawang putih dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah pembekuan darah, dan mencegah pembuluh darah mengeras.

Sementara kajian lain menemukan bahwa molekul sulfur dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi otot jantung dari kerusakan dan membuat pembuluh darah lebih elastis. Hal ini membantu mencegah penyakit jantung, pembekuan darah, dan stroke.

4. Meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak

Ilustrasi. Manfaat rendaman bawang putih dan madu dapat melindungi otak dari penyakit seperti demensia dan alzheimer. (Startup Stock Photos via StockSnap)
Bawang putih dan madu mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Bahan kimia sehat ini membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Kombinasi dari kedua bahan alami tersebut juga dapat melindungi otak dari penyakit umum seperti demensia dan Alzheimer.

Penelitian mencatat bahwa ekstrak bawang putih yang disimpan lama mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang disebut asam kyolic. Antioksidan kuat ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus pada beberapa orang.

Itulah sejumlah manfaat rendaman bawang putih dan madu bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *