7 Manfaat Madu Hutan yang Beda dari Madu Biasa | Realfood

Manfaat Madu Hutan yang Beda dari Madu Biasa – Sudah tahu apa itu madu hutan? Madu hutan adalah madu yang berasal langsung dari sarang lebah dan kaya akan kandungan bee pollen, propolis lebah, dan antioksidan. Madu hutan sendiri memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingan madu biasa, terlebih karena rasanya tidak semanis madu biasa. Hal ini dikarenakan madu hutan didapatkan dari lebah yang memakan nektar dari bunga, bukan cairan gula. Selain itu juga proses pengolahan dan pasteurisasi pada madu komersial dalam mengurangi nilai gizi dalam madu. Wajar dong kalau madu hutan sering digunakan dalam pengobatan tradisional?

Manfaat kesehatan madu hutan berasal dari kandungan antioksidan seperti flavanoid dan asam askorbat. Antioksidan bekerja dalam mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan mencegah radikal bebas. Kandungan lain dalam madu hutan antara lain adalah: niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, magnesium, mangan, kalium, fosfor, dan zinc, serta fruktosa yang lebih sehat daripada sukrosa.

Baca Juga : Madu Ternak atau Madu Hutan Ini Bedanya

Yuk, cek 7 manfaat madu hutan yang bikin beda dari madu biasa!

1. Mengandung Antibakteri Alami

Madu hutan yang tidak mengalami proses pasteurisasi atau proses pengolahan dengan panas lainnya akan mengandung lebih banyak bakteri baik alami. Madu sendiri mengandung kadar air yang rendah, pH rendah, dan hidrogen peroksida yang dapat membunuh bakteri dan jamur jahat sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai antibakteri alami.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Percaya atau tidak, madu hutan juga memiliki sifat antiinflamasi lho! Kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Sifat asam dari madu juga membantu melepaskan oksigan dari luka dan mempercepat penyembuhan luka.

7 Manfaat Madu Hutan yang Beda dari Madu Biasa | Realfood

3. Meredakan Batuk dan Pilek

Sering menemui kandungan madu dalam obat batuk? Madu hutan dipercaya cukup efektif dalam meredakan batuk dan pilek terutama untuk anak-anak, serta membantu menambah energi untuk si kecil. Pastikan Realfoodfam hanya memberikan madu hutan pada anak di atas usia satu tahun ya.

4. Mengurangi Diare

Madu hutan memiliki efek menenangkan terutama pada sistem pendernaan sehingga dapat membantu meredakan diare yangt terjadi karena ketidakseimbangan mikroflora di sistem pencernaan. Cobalah untuk meminum satu sendok teh madu hutan untuk mengatasi diare ringan. Hindari juga mengonsumsi madu terlalu banyak karena kelebihan gula dapat menyebabkan diare memburuk!

5. Meningkatkan Napsu Makan

Buat Realfoodfam dengan anak kecil yang sedang Gerakan Tolak Makanan (GTM), coba deh untuk menambahkan madu hutan di dalam snack atau susu formula si kecil! Madu hutan dapat membantu meningkatkan napsu makan sehingga si kecil mau makan makanannya nih. Berminat coba?

6. Alternatif yang Baik untuk Diabetesi

Jika mengonsumsi gula hanya akan memberikan kalori, madu hutan bisa menjadi alternatif gula yang lebih sehat. Diperkaya dengan antioksidan, vitamin, dan mineral, gula di dalam madu hutan juga jauh lebih sehat daripada gula putih biasa.

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Yes! Madu hutan memiliki kandungan flavanoid yang tinggi. Flavanoid sendiri di dalam tumbuhan berperan untuk melindungi tumbuhan dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dengan cara menyerap radiasi ultraviolet. Konsumsi rutin madu hutan akan ngebantu banget nih kinerja sunscreen kamu, asal jangan oles madu hutan sebagai sunscreen ya!
Kalau kamu bukan tipe yang bisa konsumsi madu hutan setiap hari karena rasanya terlalu manis ngiung, well, cobain deh Realfood Jelly Pure! The first beauty detox jelly in Indonesia ini mengandung bird’s nest yang kaya akan Asam Sialat & Epidermal Growth Factor (EGF) untuk membantu regenerasi sel kulit, Zinc yang bisa banget ngatasin jerawat, labu kuning untuk meredakan pertumbuhan jerawat dan meningkatkan produksi kolagen, wortel yang kaya vitamin A untuk aging, dan pastinya madu hutan sebagai pemanis alami yang mampu melindungi kulit dari sinar UV. Eits, kamu bisa mendapatkan segala kebaikan madu hutan ini hanya dengan 5kcal dan gula 1 gram aja lho! Gak usah takut konsumsi gula berlebih lagi deh! Yuk, cobain Realfood Jelly Pure sekarang dan rasakan bedanya untuk kulitmu!
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *