Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Baik Pria maupun Wanita - Info Kesehatan

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan – Bila membandingkannya dengan madu yang berwarna kuning, madu hitam mungkin lebih jarang dikonsumsi. Tidak hanya berwarna hitam, rasanya pun cenderung lebih pahit dari madu lainnya.

Di balik rasa pahitnya, madu hitam bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahan alami ini juga sudah sejak lama orang gunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan memperkuat imunitas tubuh.

Yuk, ketahui manfaat madu hitam bagi kesehatan di sini.

Baca Juga : Jenis-jenis Lebah Madu di Indonesia

Ketahui Kandungan Madu Hitam

Madu hitam berasal dari lebah hutan yang menghisap sari bunga pohon mahoni yang kaya akan zat alkaloid.

Zat ini berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan.

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung asam fenolat yang merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan.

Senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Berkat kandungan senyawa ini, madu hitam bermanfaat untuk menghilangkan kanker, antiinflamasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Madu hitam juga mengandung antioksidan flavonoid yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh, kanker, penyakit koroner, gula darah tingi, hingga stroke.

Tidak hanya itu, ahli biokimia, DR. Larry Brookes dalam penelitiannya juga menemukan beberapa zat berikut yang terkandung dalam madu hitam:

  • Saponin, berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga gula darah tetap stabil, serta mengurangi lemak tubuh.
  • Unsur kromium, bisa membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin, sehingga metabolisme gula darah bisa bersirkulasi dengan lancar dan tidak menumpuk di pembuluh darah.
  • Hemoglobin, berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina tubuh tetap terjaga.

Selain kandungan tersebut, madu hitam juga kaya akan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan karbohidrat, serta vitamin.

Manfaat Kesehatan Madu Hitam

Madu hitam memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga dapat memberikan manfaat berikut ini:

1. Mengobati defisiensi zat besi dan anemiaManfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Baik Pria maupun Wanita - Info Kesehatan

Zat besi dan nutrisi seperti vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, sehingga kurangnya asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia atau defisiensi zat besi.

Nah, karena kaya akan zat besi dan mineral yang baik, banyak dokter merekomendasikan konsumsi madu hitam untuk membantu mengobati anemia dan defisiensi zat besi.

2. Baik untuk pengidap diabetes

Manfaat kesehatan madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang tinggi baik bagi pengidap gula darah tinggi, karena bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Membantu mengatasi nyeri  sendi

Nyeri sendi, seperti yang terjadi akibat asam urat bisa kamu redakan dengan mengonsumsi madu hitam.

Bahan alami ini memiliki kandungan penetral racun yang bisa menetralisir zat purin penyebab asam urat.

4. Meredakan gangguan menstruasi

Bagi kamu, para wanita yang sering mengalami gejala pramenstruasi, seperti kram perut, nyeri payudara, dan kembung, cobalah untuk mengonsumsi madu hitam yang kamu campur dengan air hangat untuk meredakannya.

Minuman berkhasiat ini sudah sejak lama orang gunakan sebagai obat rumah untuk meredakan gangguan menstruasi pada banyak wanita, dan mineral yang terkandung dalamnya bisa mencegah kram menstruasi.

5. Mengobati sakit mag

Pengidap maag sering mengalami nyeri dan mual saat maag kambuh.

Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin bisa dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya, bahkan bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

6. Viagra alami

Madu hitam memiliki kandungan penambah stamina dan vitalitas atau zat afrodisiak.

Mengonsumsinya secara rutin bisa memperbaiki impotensi pada pria dewasa.

7. Memperkuat tulang

Selain mengonsumsi magnesium dan kalsium, kamu juga perlu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk memiliki tulang yang kuat.

Nah, vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang berlimpah dalam madu hitam.

Namun ingat, madu hitam atau madu apapun tidak boleh kamu berikan pada bayi di bawah 1 tahun karena bisa menyebabkan botulisme. Simak informasi lengkapnya di sini: Botulisme – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi madu hitam.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *