Penjelasan Ahli soal Rendaman Bawang Putih dan Madu Bisa Mengatasi Flu  Halaman all - Kompas.com

Manfaat Bawang Putih dan Madu – Khasiat bawang putih dan madu, Bawang putih dan madu telah digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia. Bahan kesehatan utama dalam bawang putih adalah allicin. Bawang putih mengandung oksigen, belerang, dan bahan kimia lain yang memberikan sifat antibakteri dan melawan penyakit pada bawang putih.

Tinjauan medis mencatat bahwa memotong atau menghancurkan siung bawang putih segar melepaskan lebih banyak allicin daripada menggunakan siung bawang putih utuh. Namun, bawang putih yang dicincang atau dihancurkan dapat kehilangan kadar allicinnya dengan cepat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda sebaiknya menggunakan bawang putih segar sesegera mungkin.

Madu secara alami kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan polifenol. Bahan kimia ini membantu melawan peradangan (kemerahan dan bengkak) di tubuh. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit tertentu. Madu juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Baca Juga : Manfaat Minum Madu Sebelum Tidur

Manfaat bawang putih dan madu bagi kesehatan

Penelitian medis telah menyelidiki manfaat kesehatan dari bawang putih dan madu, baik secara tunggal maupun kombinasi. Beberapa penelitian didasarkan pada klaim pengobatan rumahan yang telah digunakan selama ratusan tahun.

Dalam pengobatan tradisional Etiopia, sejenis madu lokal digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, infeksi kulit, dan bahkan diare.

Bawang putih secara tradisional digunakan untuk mengobati pilek dan batuk. Ini juga dilaporkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meringankan gejala asma. Pengobatan tradisional Arab merekomendasikan bawang putih untuk membantu mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, radang sendi, sakit gigi, sembelit, dan infeksi.Penjelasan Ahli soal Rendaman Bawang Putih dan Madu Bisa Mengatasi Flu  Halaman all - Kompas.com

Antibakteri

Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa bawang putih dan sejenis madu yang disebut madu tazma mampu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

Studi tersebut menguji setiap makanan secara terpisah dan sebagai campuran. Para peneliti menemukan bahwa bawang putih dan madu sama-sama mampu membunuh bakteri ketika diuji sendiri. Kombinasi bawang putih dan madu bekerja lebih baik lagi.

Kombinasi bawang putih dan madu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit dan infeksi termasuk pneumonia dan sejenis keracunan makanan. Ini termasuk Streptococcus pneumonia, Staphylococcus aureus dan Salmonella.

Penelitian laboratorium lain menunjukkan bahwa kombinasi jus bawang putih dan madu bahkan mampu menghentikan jenis infeksi bakteri yang tidak dapat diobati dengan obat antibiotik.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui apakah madu dan bawang putih memiliki efek yang sama melawan infeksi bakteri di tubuh manusia.

Antivirus

Beberapa jenis madu juga memiliki khasiat antivirus yang kuat. Hal ini dapat membantu mengobati atau mencegah pilek, flu, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus.

Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa madu Manuka mampu menghentikan pertumbuhan virus flu. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu, khususnya madu Manuka, bekerja hampir sama baiknya dengan obat antivirus melawan virus ini.

Kesehatan jantung

Beberapa penelitian klinis dan laboratorium telah mengamati banyak manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung. Mayo Clinic mencatat bahwa antioksidan dalam madu juga dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.

Menurut tinjauan medis, bawang putih berperan membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan:

  • menurunkan tekanan darah tinggi
  • menurunkan kolesterol tinggi
  • mencegah terlalu banyak pembekuan (pengencer darah)
  • mencegah pembuluh darah mengeras atau kaku

Ulasan lain menemukan bahwa molekul sulfur dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi otot jantung dari kerusakan dan membuat pembuluh darah lebih elastis. Ini membantu mencegah penyakit jantung, pembekuan darah, dan stroke.

Jenis kolesterol yang disebut LDL adalah penyebab utama pengerasan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Tikus diberi makan bubuk bawang putih atau ekstrak bawang putih mentah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah orang akan mendapatkan manfaat penurunan kolesterol yang sama.

Memori dan kesehatan otak

Baik bawang putih maupun madu kaya akan senyawa antioksidan. Bahan kimia sehat ini membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Mereka juga dapat melindungi otak Anda dari penyakit umum seperti demensia dan Alzheimer.

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang bagaimana bawang putih dapat mencegah atau memperlambat penyakit yang berkaitan dengan usia ini.

Penelitian mencatat bahwa ekstrak bawang putih tua mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang disebut asam kyolic. Antioksidan kuat ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit. Ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus pada beberapa orang.

Cara menggunakan bawang putih dan madu

Anda dapat menikmati banyak manfaat kesehatan dari bawang putih dan madu dengan memasaknya atau mengonsumsinya sebagai suplemen nutrisi.

Bawang putih yang baru ditumbuk atau dicincang memiliki manfaat kesehatan paling besar. Bubuk bawang putih dan ekstrak bawang putih tua juga kaya akan senyawa sehat. Minyak bawang putih memiliki lebih sedikit khasiat untuk kesehatan, namun masih dapat digunakan untuk menambah rasa pada masakan.

Suplemen bawang putih biasanya mengandung bubuk bawang putih. Tidak ada dosis yang dianjurkan untuk bawang putih segar atau suplemen bawang putih. Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari dosis harian 150 hingga 2.400 miligram bubuk bawang putih.

Madu mentah murni dapat digunakan sebagai obat alami batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Mayo Clinic merekomendasikan penggunaan madu jeruk, madu kayu putih, dan madu labiatae untuk obat batuk. Ambil sesendok madu sesuai kebutuhan atau tambahkan madu ke dalam teh herbal untuk membantu meringankan gejala pilek dan flu.

Madu juga dapat digunakan pada kulit untuk membantu meredakan ruam alergi, timbulnya jerawat, dan iritasi kulit lainnya. Dapat juga digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit, luka bakar, dan goresan. Bersihkan kulit dan oleskan sedikit madu kelas medis langsung ke area tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *