Manfaat Madu Randu sebagai Antibakteri Bahan Herbal - Unair News

Madu Lokal yang Ampuh Mengobati Beragam Penyakit – Kabarnya, madu menjadi salah satu jenis makanan yang paling tua yang pernah ada. Bahkan, masyarakat telah memanfaatkan kuliner ini sejak 8 ribu tahun yang lalu. Tak hanya baik sebagai pemanis alami, madu juga menjadi makanan sumber energi yang mengandung banyak nutrisi penting.

Studi dalam Annals of Saudi Medicine menyebutkan, mengonsumsi madu mentah dapat membantu mengatasi masalah alergi musiman. Sementara itu, studi lainnya dalam Cochrane menuliskan bahwa makanan ini dapat membantu mempercepat sembuhnya luka.

Baca Juga : Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan

Madu Lokal Indonesia untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis madu yang populer. Kamu bahkan bisa menemui madu yang khas pada setiap daerah. Bukan tanpa alasan, warna dan bentuk yang tidak sama ini karena makanan dari lebah yang menghasilkannya. Baik berasal dari bunga maupun pohon buah.

Namun, hal yang menarik adalah popularitas madu Indonesia juga mendapat atensi dari dunia. Ini karena makanan sehat tersebut menawarkan berbagai khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Beberapa jenis madu lokal yang kaya manfaat, yaitu:

1. Kelulut

Jenis pertama adalah kelulut yang asalnya dari hutan kawasan Kalimantan. Varian ini menawarkan banyak keunggulan, salah satunya adalah kadar airnya yang terbilang lebih tinggi. Tak hanya itu, madu ini juga mengandung tinggi antioksidan dan rendah karbohidrat.

Salah satu kandungan antioksidan dalam madu ini adalah fenilalanin yang bermanfaat untuk mendukung performa senyawa yang berperan penting dalam aktivitas listrik pada otak. Tak heran jika masyarakat percaya bahwa madu ini dapat memperbaiki kerja daya ingat pada otak. Ciri khas dari jenis makanan sehat ini adalah warna hitam dan rasa yang berpadu antara manis dan asam.

2. Madu Hutan Sumbawa

Selanjutnya, madu yang berasal dari lebah liar yang mengisap nektar bunga pada kawasan hutan Sumbawa. Biasanya, jenis ini asalnya dari nektar pohon kopi atau bidara dengan sarangnya yang terdapat pada bagian atas pohon.

Varian makanan sehat ini memiliki ciri khas berupa kadar airnya yang lebih rendah ketimbang jenis lainnya dengan tekstur yang lebih pekat. Masyarakat setempat percaya bahwa bahan alami ini dapat membantu mengobati tumor, kanker, dan penyakit jantung.

3. Kaliandra

Keunikan madu kaliandra adalah memiliki kandungan gula yang lebih tinggi ketimbang fruktosanya, dan ini berbeda dengan jenis madu lainnya. Tak heran apabila jenis satu ini lebih mudah menjadi kristal.

Apabila kamu perhatikan secara sekilas, jenis ini akan terlihat mirip dengan minyak goreng karena warnanya yang kekuningan. Hanya, kekentalannya yang berbeda. Bahan ini menawarkan manfaat sebagai obat alami untuk penyakit kanker.

Manfaat Madu Randu sebagai Antibakteri Bahan Herbal - Unair News

4. Madu Pahit Bangka

Selanjutnya, jenis pahit Bangka atau pelawan yang asalnya dari lebah liar dan mengisap sari bunga dari pohon pelawan. Uniknya, pohon pelawan sendiri masuk dalam kelompok pohon langka yang bisa kamu temui di Bangka Barat saja.

Jenis ini kabarnya terbukti efektif sebagai obat alami beberapa gangguan kesehatan. Mulai dari hipertensi, gangguan ginjal, masalah kesehatan lambung, hipotensi, penyakit kencing manis, lemah syahwat, dan penetral racun pada tubuh.

5. Klanceng

Kemudian, jenis yang dibudidayakan pada kawasan Blora, madu Klanceng. Proses budidaya ini terbilang unik, karena lebah akan bersarang pada kendi berbentuk bulat dan tidak menyengat.

Tekstur dari jenis ini lebih encer daripada jenis lainnya karena kadar airnya yang lebih tinggi. Sementara itu, warnanya kecoklatan dan rasanya agak asam berpadu dengan manis, mirip dengan jenis Kelulut.

Kandungan nutrisi pada bahan alami ini termasuk antioksidan flavonoid, hidrogen peroksida, senyawa fenolik, juga peptida antibakteri. Studi menyebutkan, jenis ini bisa membantu mengatasi infeksi yang terjadi karena bakteri jenis B. brevis, B. megaterium, M. luteus, P. syringae, B. subtilis, dan E.coli.

6. Madu Hutan Timor

Jenis lainnya yang populer adalah hutan Timor, yang asalnya dari kawasan Nusa Tenggara Timur. Dari kualitasnya, kamu tidak perlu ragu lagi karena jenis ini memiliki kualitas nomor tiga terbaik dunia setelah Yunani dan Australia.

Lebah madu yang hidup pada kawasan hutan Timor akan mengambil sari dari berbagai macam bunga. Mulai dari kayu putih, cendana, asam, vanili, melinjo, mangga, kesambi, dan bunga hutan lain. Tak hanya bagus untuk kesehatan, jenis ini juga efektif untuk mendukung kecantikan untuk wanita.

Memang benar, madu menawarkan banyak sekali khasiat untuk mendukung perawatan dan kecantikan kulit.

7. Madu Hutan Sumatra

Jenis terakhir berasal dari hutan kawasan Sumatra dan terbilang cukup populer. Sebab, kamu akan mudah menjumpai varian ini dengan harga yang masih terjangkau. Tak hanya itu, jenis ini juga baik untuk konsumsi harian karena menawarkan manfaat mulai dari sumber energi, mendukung imunitas tubuh, dan mendukung penyembuhan dari penyakit.

Bahkan, jenis ini juga menawarkan manfaat untuk kesehatan organ reproduksi wanita?

Meski menawarkan banyak manfaat, kamu dan keluarga sebaiknya tidak melupakan pengobatan medis jika mengalami masalah kesehatan tertentu. Sebab, khasiat dari makanan sehat ini masih perlu dukungan studi ilmiah yang lebih banyak lagi pada manusia.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *