Inilah 8 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil! | PRENAGEN

Khasiat Madu untuk Kesuburan Pria dan Wanita – Madu dikenal memiliki beragam manfaat. Bahkan, ada rumor yang beredar di masyarakat terkait khasiat madu untuk kesuburan pria dan wanita.

Mengonsumsi madu disebut-sebut bisa meningkatkan peluang kehamilan. Sebab salah satunya manfaat madu dipercaya bisa menyuburkan kandungan wanita dan meningkatkan kualitas sperma pria.

Namun, apakah madu memang terbukti efekfif sebagai penyubur kandungan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Madu mengandung berbagai zat yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antiradang, hingga antikanker. Flavonoid dan polifenol adalah antioksidan utama yang terdapat pada madu.

Baca Juga : Khasiat Madu pada Skincare yang Aman bagi Ibu Hamil

Selain itu, madu juga mengandung beragam nutrisi, seperti:

  • Fruktosa
  • Glukosa
  • Protein
  • Mineral, termasuk magnesium, kalium, fosfat, kalsium, natrium, dan zat besi
  • Vitamin, yaitu vitamin C dan vitamin B

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, madu telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan herba untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat madu sebagai penyubur kandungan sebenarnya bukan lagi hal yang baru.

Sejak dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita berkat kandungan antioksidan dan antiradangnya.

Tak heran kalau banyak pasangan suami istri mengonsumsi produk madu penyubur kandungan agar cepat punya momongan.

Namun, efeknya dipercaya lebih kuat terutama untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Penelitian

Penelitian menunjukkan hasil positif mengenai klaim ini

Berbagai penelitian sebenarnya telah dilakukan untuk membuktikan klaim manfaat madu penyubur kandungan.

Satu penelitian pada hewan yang diterbitkan tahun 2010 dalam Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition mencatat bahwa sepasang kelinci yang secara teratur diberikan bee pollen (serbuk sari dari campuran air liur lebah) diketahui tingkat kesuburannya mengalami kenaikan.

Hal ini terlihat dari kualitas sperma yang dihasilkan dari kelinci jantan yang semakin membaik ketimbang sebelum diberikan bee pollen.

Studi lain yang dipresentasikan pada tahun 2008 dalam konferensi internasional Gynaecology and Obstetrics: The Official Organ of the International Federation of Gynaecology and Obstetrics juga menemukan hasil yang positif.

Manfaat Madu Randu sebagai Antibakteri Bahan Herbal - Unair News

Studi tersebut melaporkan bahwa melakukan terapi bee pollen dan royal jelly sebelum berhubungan seksual efektif meningkatkan kesuburan pasangan yang sulit hamil.

Namun demikian masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat terapi tersebut.

Royal jelly sendiri merupakan susu yang dihasilkan oleh para koloni lebah madu.

Royal jelly mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium yang semuanya baik untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan.

Termasuk meningkatkan jumlah sperma pada pria, serta merangsang dan memperkuat sel telur wanita.

manfaat madu

Cara ampuh lainnya agar cepat hamil

Beberapa penelitian memang berhasil menunjukkan hasil positif madu penyubur kandungan.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar mengetahui khasiat madu penyubur kandungan.

Nah, agar program kehamilan Anda cepat terwujud, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Seperti dilansir dari TribunPontianak.co.id dengan judul Benarkah Minum Madu Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria & Wanita? Penelitian Buktikan Seperti Ini!,

Beberapa di antaranya seperti.

1. Cek masa subur

Tips Menghitung Masa Subur dan Merencanakan Kehamilan

Berhubungan seksual pada saat masa subur merupakan salah satu kunci sukses agar Anda cepat hamil. Sayangnya, masih banyak wanita yang tidak tahu cara menghitung masa suburnya sendiri.

Untuk mengetahui kapa masa subur Anda, Anda bisa memerhatikan siklus haid setiap bulan. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan petunjuk kapan masa subur Anda bakal terjadi.

Anda bisa mengetahui lebih lanjut kapan masa subur datang dengan menggunakan kalkulator masa subur yang sudah disediakan Hello Sehat.

Ingat, tanpa mengetahui masa subur, kemungkinan Anda untuk hamil lebih sedikit, walaupun Anda sudah sering melakukan hubungan intim.

2. Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup yang sehat ternyata juga memengaruhi peluang Anda untuk hamil.

Anda bisa memulainya dengan cara memerhatikan asupan makan sehari-hari.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Pada pria, makanan yang bernutrisi tinggi dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga dapat membuah sel telur wanita dengan baik.

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk konsisten untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari berhenti merokok, rajin olahraga, dan mengurangi konsumsi alkohol.

3. Coba posisi yang tepat

posisi bercinta woman on top

Ada banyak posisi yang bisa Anda coba dengan pasangan saat berhubungan intim agar cepat hamil.

Mulai dari yang biasa saja sampai yang ekstrem sekalipun.

Apapun yang Anda dan pasangan pilih, kuncinya hanya satu.

Cobalah posisi yang membuat Anda berdua merasa nyaman saat berhubungan seksual.

4. Hindari stres

Jangan terlalu terfokus pada tujuan Anda untuk cepat punya momongan karena hal tersebut justru membuat Anda stres.

Padahal, stres dapat mengganggu proses ovulasi (pelepasan telur), sehingga Anda pun akan lebih sulit untuk hamil.

Stres pada pria juga bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas sel sperma yang mereka hasilkan.

Nah, oleh karena itu, pastikan Anda dan pasangan sama-sama berusaha untuk menghindari stres.

Dari pada pusing memikirkan apakah Anda berhasil hamil atau tidak, lebih baik fokuslah pada momen-momen ketika Anda dan pasangan berhubungan seksual.

Pastikan kalau Anda berdua sama-sama nyaman dan menikmati setiap prosesnya.

5. Periksa ke dokter kandungan

bidan atau dokter kandungan

Jika berbagai hal di atas belum juga menunjukkan hasil yang positif, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk merencanakan kehamilan Anda.

Jangan lupa, ajak pasangan Anda ketika berkonsultasi ke dokter kandungan.

Dokter kandungan umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan.

Dokter juga akan memberi tahu kapan waktu terbaik untuk berhubungan seksual agar cepat hamil berdasarkan masa subur Anda.

Jika diperlukan, dokter dapat menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan labolatorium dan pemeriksaan lainnya untuk mencari perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Sementara itu dilansir dari alodokter.com,  madu memang merupakan salah satu bahan herba yang memiliki efek afrodisiak atau meningkatkan hasrat seksual.

Ini berkat kandungan zat boron di dalam madu yang diketahui dapat meningkatkan hormon testosteron. Hormon inilah yang kemudian dapat meningkatkan libido seseorang.

Sayangnya, berbagai manfaat madu sebagai penyubur kandungan di atas baru sebatas pada studi berskala kecil atau riset di laboratorium.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa madu memang efektif untuk menyuburkan kandungan dan efektif digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesuburan.

Oleh karena itu, manfaat madu sebagai penyubur kandungan masih perlu diteliti lebih lanjut. Terlepas dari khasiat madu untuk kesuburan yang belum terbukti klinis, madu memang memiliki beragam manfaat kesehatan, misalnya untuk pengobatan luka, ulkus diabetikum, dan herpes.

Madu juga diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Tips untuk Meningkatkan Kesuburan

Karena belum terbukti efektif untuk meningkatkan kesuburan, Anda bisa mencoba beberapa cara lain untuk meningkatkan kesuburan, seperti:

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyak asupan makanan penyubur kandungan, buah dan sayur yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, folat, dan zinc. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sperma dan sel telur.

2. Tingkatkan asupan kalori di pagi hari

Perbanyak asupan kalori saat sarapan dan batasi asupan kalori pada malam hari. Cara ini dapat meningkatkan jumlah produksi hormon yang berperan terhadap kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

3. Batasi makanan atau minuman yang terlalu manis

Makanan atau minuman yang terlalu manis dapat membuat kadar gula darah tidak terkendali. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan pada hormon insulin, yaitu hormon yang berpengaruh terhadap kesuburan. Oleh karena itu, batasi mengonsumsi makanan manis atau gunakan pemanis alami seperti madu.

4. Konsumsi lemak sehat

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jahat, misalnya lemak trans dan lemak jenuh, karena jenis lemak ini dapat membuat berat badan cepat naik. Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat mengganggu kesuburan.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang kaya lemak sehat, seperti minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak kelapa murni.

5. Perhatikan jumlah konsumsi karbohidrat

Batasi asupan karbohidrat dan perbanyak makanan berserat tinggi. Hal ini dapat memperbaiki kadar hormon yang mendukung kesuburan, terutama pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

6. Ganti protein hewani dengan nabati

Batasi asupan makanan yang mengandung protein hewani dan gantilah dengan makanan berprotein nabati, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Konsumsi pula produk susu rendah lemak.

7. Lakukan olahraga secara rutin

Untuk mengatasi masalah kesuburan, cobalah untuk rutin berolahraga sebanyak 150 menit per minggu atau 30 menit tiap harinya, dan sertai dengan pola makan sehat. Olahraga yang bisa dipilih, antara lain jalan santai, berenang, yoga, dan bersepeda.
(sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *