cara menghitung skor utbk terbaru

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan gerbang utama bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Skor UTBK menjadi penentu utama kelulusan siswa dalam seleksi masuk PTN. Oleh karena itu, memahami cara menghitung skor UTBK sangat penting bagi siswa yang akan mengikuti ujian ini.

Dalam panduan ini, kita akan membahas secara rinci tentang sistem penilaian UTBK, termasuk jenis-jenis soal, pembobotan nilai, dan langkah-langkah menghitung skor UTBK secara manual. Selain itu, kita juga akan membahas tentang penggunaan skor UTBK untuk seleksi masuk PTN dan tips mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK.

Pengertian UTBK

cara menghitung skor utbk

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar akademik calon mahasiswa baru, yang meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan penalaran dan pemahaman umum, sedangkan TKA mengukur kemampuan spesifik di bidang Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Materi UTBK

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah ujian masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK dibagi menjadi dua kelompok ujian, yaitu Saintek dan Soshum. Materi yang diujikan dalam UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Tes Potensi Skolastik (TPS) mengukur kemampuan kognitif siswa, sedangkan Tes Kompetensi Akademik (TKA) mengukur kemampuan siswa dalam bidang akademik tertentu. Materi TKA berbeda untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum.

Materi TPS

Materi TPS meliputi:

  • Penalaran Umum
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi TKA Saintek

Materi TKA Saintek meliputi:

  • Matematika Saintek
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Materi TKA Soshum

Materi TKA Soshum meliputi:

  • Matematika Soshum
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Ekonomi

Jenis Soal UTBK

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK terdiri dari tiga sesi, yaitu sesi pertama untuk kelompok saintek, sesi kedua untuk kelompok soshum, dan sesi ketiga untuk kelompok campuran.

Jenis soal yang diujikan dalam UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Bahasa Inggris. TPS mengukur kemampuan penalaran dan berpikir kritis, sedangkan TKA mengukur kemampuan akademik dalam bidang matematika, fisika, kimia, biologi, dan ekonomi. Bahasa Inggris mengukur kemampuan memahami dan menggunakan bahasa Inggris.

Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS terdiri dari empat subtes, yaitu:

  1. Kemampuan Verbal: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan bahasa Indonesia, serta penalaran verbal.
  2. Kemampuan Kuantitatif: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan matematika dasar, serta penalaran kuantitatif.
  3. Kemampuan Penalaran: mengukur kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.
  4. Kemampuan Spasial: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan bentuk dan ruang, serta penalaran spasial.

Tes Kemampuan Akademik (TKA)

TKA terdiri dari empat subtes, yaitu:

  1. Matematika: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika, serta menyelesaikan masalah matematika.
  2. Fisika: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan konsep fisika, serta menyelesaikan masalah fisika.
  3. Kimia: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan konsep kimia, serta menyelesaikan masalah kimia.
  4. Biologi: mengukur kemampuan memahami dan menggunakan konsep biologi, serta menyelesaikan masalah biologi.

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mengukur kemampuan memahami dan menggunakan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.

Waktu dan Durasi UTBK

Pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Jadwal pelaksanaan UTBK biasanya berlangsung selama beberapa hari, dengan setiap sesi berlangsung selama sekitar 3 jam.Durasi pengerjaan soal UTBK untuk setiap kelompok ujian berbeda-beda.

Berikut ini adalah durasi pengerjaan soal UTBK untuk masing-masing kelompok ujian:

Kelompok Ujian Saintek

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): 120 menit
  • Matematika Saintek: 120 menit
  • Fisika: 60 menit
  • Kimia: 60 menit
  • Biologi: 60 menit

Kelompok Ujian Soshum

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): 120 menit
  • Matematika Soshum: 120 menit
  • Sejarah: 60 menit
  • Ekonomi: 60 menit
  • Sosiologi: 60 menit

Sistem Penilaian UTBK

UTBK menggunakan sistem penilaian yang didasarkan pada pembobotan nilai untuk setiap jenis soal. Pembobotan ini dimaksudkan untuk memberikan bobot yang lebih besar pada soal-soal yang dianggap lebih penting dan lebih sulit.

Sistem penilaian UTBK juga menggunakan sistem penalti untuk jawaban yang salah. Setiap jawaban yang salah akan mengurangi nilai peserta sebesar 1/4 dari nilai soal tersebut.

Pembobotan Nilai

Pembobotan nilai untuk setiap jenis soal dalam UTBK adalah sebagai berikut:

  • Soal Tes Potensi Skolastik (TPS): 4 poin
  • Soal Tes Kemampuan Akademik (TKA): 5 poin

Soal-soal TPS meliputi:

  • Pengetahuan Umum
  • Kemampuan Verbal
  • Kemampuan Numerik
  • Kemampuan Penalaran

Soal-soal TKA meliputi:

  • Matematika Saintek
  • Matematika Soshum
  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Ekonomi
  • Sosiologi
  • Geografi
  • Sejarah

Cara Menghitung Skor UTBK

cara menghitung skor utbk

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah ujian yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai syarat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Skor UTBK dihitung berdasarkan hasil ujian yang dikerjakan oleh peserta.

Langkah-langkah Menghitung Skor UTBK Secara Manual

  1. Jumlahkan nilai semua soal yang dijawab dengan benar.
  2. Kurangi jumlah nilai soal yang dijawab salah dengan jumlah nilai soal yang dijawab benar.
  3. Kalikan hasil pengurangan tersebut dengan 4.
  4. Jumlahkan hasil perkalian tersebut dengan jumlah nilai soal yang dijawab benar.
  5. Bagikan hasil penjumlahan tersebut dengan jumlah soal yang diujikan.

Tabel Rumus Penghitungan Skor UTBK untuk Setiap Jenis Soal

Jenis Soal Rumus Penghitungan
Soal Benar Nilai soal x 1
Soal Salah Nilai soal x (-1)
Soal Tidak Dijawab Nilai soal x 0

Peringkat UTBK

cara menghitung skor utbk

UTBK dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan hasil tesnya digunakan sebagai dasar seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Sistem pemeringkatan UTBK menggunakan nilai total sebagai dasar untuk menentukan peringkat peserta. Nilai total UTBK terdiri dari hasil Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Peserta UTBK akan diberi peringkat berdasarkan nilai total yang diperolehnya. Peringkat tersebut akan menentukan peluang peserta untuk diterima di PTN yang diinginkan. Semakin tinggi peringkat peserta, semakin besar peluangnya untuk diterima di PTN yang dipilih.

Pemeringkatan Peserta UTBK

Pemeringkatan peserta UTBK berdasarkan nilai total dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  1. Nilai total 700-800: Sangat baik
  2. Nilai total 600-699: Baik
  3. Nilai total 500-599: Cukup
  4. Nilai total 400-499: Kurang
  5. Nilai total 300-399: Sangat kurang

Peringkat peserta UTBK juga dapat dilihat berdasarkan bidang studi yang dipilih. Misalnya, untuk bidang studi IPA, peserta akan diberi peringkat berdasarkan nilai total TKA IPA. Sedangkan untuk bidang studi IPS, peserta akan diberi peringkat berdasarkan nilai total TKA IPS.

Penggunaan Skor UTBK

Skor UTBK digunakan sebagai salah satu faktor seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Setiap PTN memiliki kebijakan sendiri dalam menggunakan skor UTBK untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Pada umumnya, skor UTBK digunakan untuk menentukan apakah calon mahasiswa memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi berikutnya, seperti ujian tulis atau wawancara. Skor UTBK juga digunakan untuk menentukan peringkat calon mahasiswa yang diterima di PTN.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Menggunakan Skor UTBK

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan skor UTBK, di antaranya:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN): SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya sebagai dasar seleksi. Calon mahasiswa yang memenuhi syarat dapat mendaftar SNMPTN melalui sekolah asal mereka.
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN): SBMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan skor UTBK sebagai dasar seleksi. Calon mahasiswa yang memenuhi syarat dapat mendaftar SBMPTN melalui laman resmi SBMPTN.
  • Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN): SMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan skor UTBK dan/atau ujian tulis atau wawancara sebagai dasar seleksi. Calon mahasiswa yang memenuhi syarat dapat mendaftar SMPTN melalui laman resmi PTN yang dituju.

Tips Mempersiapkan UTBK

cara menghitung skor utbk terbaru

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan ujian masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa baru dalam bidang Saintek dan Soshum. Untuk mempersiapkan UTBK, ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

Rancang strategi belajar yang efektif

Strategi belajar yang efektif akan membantu calon mahasiswa baru dalam mempersiapkan UTBK dengan baik. Calon mahasiswa baru dapat menggunakan berbagai metode belajar, seperti membaca buku, mengerjakan soal-soal latihan, dan mengikuti les privat. Calon mahasiswa baru juga perlu mengatur waktu belajar dengan baik agar tidak kewalahan.

Susun jadwal belajar yang teratur dan konsisten

Jadwal belajar yang teratur dan konsisten akan membantu calon mahasiswa baru dalam mempersiapkan UTBK dengan baik. Calon mahasiswa baru perlu membuat jadwal belajar yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Calon mahasiswa baru juga perlu disiplin dalam mengikuti jadwal belajar yang telah dibuat.

Sumber Belajar UTBK

Keberhasilan dalam UTBK memerlukan persiapan yang matang. Selain belajar dengan giat, penting untuk memiliki sumber belajar yang terpercaya dan berkualitas. Sumber belajar ini dapat membantu peserta UTBK dalam memahami materi ujian dan mengerjakan soal-soal dengan lebih baik.

Buku-buku UTBK

Ada banyak buku UTBK yang tersedia di pasaran. Beberapa buku yang direkomendasikan antara lain:

  • Buku UTBK dari penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia (Gramedia).
  • Buku UTBK dari penerbit Erlangga.
  • Buku UTBK dari penerbit Yrama Widya.

Situs Web Belajar UTBK

Selain buku-buku, ada juga beberapa situs web yang menyediakan materi belajar UTBK. Beberapa situs web yang direkomendasikan antara lain:

  • Situs web UTBK dari Kemendikbudristek.
  • Situs web UTBK dari LTMPT.
  • Situs web UTBK dari Quipper.

Aplikasi Belajar UTBK

Bagi yang lebih suka belajar menggunakan aplikasi, ada juga beberapa aplikasi belajar UTBK yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan antara lain:

  • Aplikasi UTBK dari Zenius.
  • Aplikasi UTBK dari Ruangguru.
  • Aplikasi UTBK dari Pahamify.

Penutup

Dengan memahami cara menghitung skor UTBK dan mempersiapkan diri dengan baik, siswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk lulus dalam seleksi masuk PTN. UTBK merupakan ujian yang menantang, tetapi dengan kerja keras dan persiapan yang matang, siswa dapat meraih hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *